Ekonomi Terus Tumbuh

JAKARTA (SI) – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) memprediksi ekonomi nasional tahun 2009 tumbuh sekitar 5%.Bahkan,Kadin optimistis hingga akhir 2014 ekonomi tumbuh sekitar 9%.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Koperasi Sandiaga S Uno mengatakan, ekonomi nasional terus tumbuh karena pasar domestik tetap bergairah,terutama di sektor UMKM yang sebagian besar menggunakan mata uang rupiah.

“Pertumbuhan ekonomi nasional sampai 5% hingga akhir 2009 adalah hal yang wajar karena pada kuartal pertama pertumbuhannya sudah mencapai 4,5%,” kata dia kemarin. Sandiaga menjelaskan, pertumbuhan ekonomi masih mengalami kendala dilematis yang tidak selesai hingga saat ini seperti tumpang tindih antara aturan pusat dengan daerah, pembebasan tanah, dan kepastian hukum.

“Persoalan tersebut adalah persoalan klasik yang sampai saat ini belum ada solusinya,” ujar dia. Jika persoalan klasik ini bisa diselesaikan, ia optimistis pertumbuhan ekonomi nasional bisa lebih tinggi dan mencapai 7% hingga akhir 2010. Bahkan pada akhir 2014, kata dia, bisa mencapai 9%.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan pertumbuhan menembus dua digit. Namun, dia mengakui bahwa semua tergantung dasardasar asumsi yang dipakai. Sementara itu, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perdagangan Dalam Negeri Bambang Soesatyo mengatakan, pertumbuhan ekonomi sampai akhir 2009 diperkirakan masih stabil pada angka 4,5%.

Ekonomi nasional tidak tumbuh hingga signifikan pada kuartal I/2009 karena penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) masih minim sehingga sejumlah proyek di daerah belum terlaksana.

Kendala lain, kata Bambang, kebijakan pemerintah soal suku bunga dan surat utang negara (SUN) mengakibatkan dana bank pembangunan daerah (BPD) yang seharusnya dialokasikan untuk pelaksanaan proyek masih “diparkir” di Bank Indonesia (BI) dan Departemen Keuangan (Depkeu).

“Kita harapkan presiden mendatang bisa membuat kebijakan yang mendorong dana ‘menganggur’ di BI menjadi lebih produktif,” papar dia.Untuk pertumbuhan ekonomi nasional hingga 2014, Bambang meramalkan tumbuh 9%.

Ekspor ke Timteng Berpotensi Naik

Ketua Komite Tetap Kerja Sama EkonomiTimurTengah (Timteng) dan Negara-Negara Islam Kadin Indonesia Farchry Thaib mengatakan, ekspor produk Indonesia ke Timteng tetap berprospek cerah dan berpotensi meningkat. Ini berbeda dengan potensi ekspor ke Eropa dan Amerika yang mengalami krisis finansial.

Farchry memaparkan, permintaan negara-negara Timteng atas produk Indonesia tetap tinggi asalkan pengusaha Indonesia mampu melayaninya dan memenuhi spesifikasinya. “Ekspor produk Indonesia ke Timur Tengah ada sebanyak 450 jenis produk yang itemnya mencapai 1.800 macam,” jelas Fachry kemarin.

Produk Indonesia yang diminati negara-negaraTimteng,antara lain, kendaraan bermotor, ban, kayu olahan, furnitur,kerajinan,kertas, margarin,minyak sawit (crude palm oil/CPO), susu, dan, pelat besi. Farchry menambahkan, nilai ekspor Indonesia ke Timteng pada 2008 yang didata Kadin sebesar USD2,5 miliar.

“Masih ada ekspor yang langsung dilakukan pengusaha dan tidak terdata oleh Kadin,” ucap dia. Adapun nilai ekspor Indonesia ke Timteng pada kuartal I/2009, kata Farchry, sekitar USD500 juta. Dia memprediksi nilai ekspor Indonesia ke Timteng hingga akhir 2009, bisa naik sampai 20% atau minimal sama dengan tahun lalu.

Untuk meningkatkan volume dan nilai ekspor Indonesia ke Timteng, kata Farchry, pengusaha Indonesia harus benar-benar menjaga kualitas produk dan memenuhi persyaratan yang diminta negara importir.

Pemerintah Indonesia juga diminta membantu melakukan promosi ke negara-negara tujuan ekspor di Timteng, terutama Arab Saudi, Iran, Qatar, Kuwait,Yaman,Yordania, Oman, Suriah, Uni Emirat Arab, dan Lebanon. Negara-negara ini memiliki potensi ekspor tinggi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: